Keep up with our latest news and site updates

Subscribe Via RSS Reader

Minggu, 10 Oktober 2010

TUGAS MAKALAH SISTEM PENCERNAAN .


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat tuhan yang maha esa, karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “sejarah mikrobiologi aplikasi dalam kebidanan ”. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas  kuliah
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



                        
                                                                                          Penyusun








BAB I
PENDAHULUAN
A.latar belakang


Sistem pencernaan (bahasa Inggris: digestive system) adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.
Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (bahasa Inggris: gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus. Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Sistem Pada Badan Manusia
1. Sistem Ekskresi
Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan. Terdiri atas ginjal, paru-paru (karbon dioksida), hati (racun) dan kulit (keringat).
2. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan
Sistem pernapasan adalah sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.
3. Sistem Pencernaan
Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. Terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati dan pankreas.
4. Sistem Peredaran / Transportasi
Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit, menyebar sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa ke luar tubuh. Terdiri atas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe.
5. Sistem Reproduksi
Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Terdiri dari testis, ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.
6. Sistem Otot
Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak, menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka.
7. Sistem Syaraf/ Sistem Saraf
Sistem saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. Terdiri dari otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf.
8. Sistem Endoktrin
Sistem endoktrin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. Terdiri atas kelenjar tiroid, kelenjar hipofisa/putuitari, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu.
9. Sistem Rangka
Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. Terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota badan atas dan bawah.

Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam makalah ini adalah

a) Pengertian Sistem Pencernaan

b) Bahan makanan yang diperlukan oleh tubuh.

c) Organ Pencernaan

d) Fungsi Organ-organ Pencernaa
BAB II
PEMBAHASAN
SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Merupakan proses perubahan atau pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan.

Zat makanan yang dicerna akan diserap dalam bentuk yang lebih sederhana.

Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam tubuh dibantu dengan enzyme untuk mempercepat proses. Enzyme ini dihasilkan oleh organ–organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh.

Proses pencernaan makanan berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi :

1. Pencernaan fisik yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan alat atau organ pencernaan.

2.Pencernaan kimiawi yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan bantuan zat kimia berupa enzim.

3.Pencernaan biologis yaitu proses perubahan zat makanan dari molekul komplaeks menjadi

molekul sederhana dengan bantuan mikrorganisme dalam tubuh
.
Sistem pencernaan manusia dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu :

1. Tractus digestivus/saluran pencernaan yang terdiri dari alat/organ-organ pencernaan.

2. Glandula digestivus/kelenjar pencernaan yang terdiri dari enzim-enzim pencernaan yang
dihasilkan oleh kelenjar/organ pencernaan.

BAHAN MAKANAN
         I.      Makanan adalah bahan-bahan yang dapat dimakan dan diperlukan oleh tubuh agar makhluk hidupa dapat bertahan hidup. Bahan makanan yang dikonsumsi terdiri dari zat-zat makanan

b.Zat makanan berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi 2 yaitu :

1. Makronutrien yaitu zat makanan yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak/besar, seperti Karbohidrat, Protein, Lemak/Lipid dan Air.
2.Mikronutrien yaitu zat makanan yang diperluklan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit/kecil, seperti Vitamin dan Mineral.

Fungsi zat makanan bagi tubuh manusia :
1.Menghasilkan energi yang diperlukan untuk aktivitas tubuh.

2. Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru.
3. Pemeliharan sel/jaringan dan penggantian sel-sel yang telah rusak.
4. Pengaturan proses metabolisme dalam tubuh
5.Pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit.

ZAT MAKANAN

1. KARBOHIDRAT
  • Tersusun dari Carbon (C), Hidrohen (H) dan Oksigen (O).
  • Berdasarkan susunan molekulnya dibedakan menjadi
  • Berfungsi sebagai :
a.Penghasil energy. Setiap 1 gram karbohidrat mengandung sebesar 4,1 kalori.
b.
Menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh.
c.
Bahanpembentuk senyawa organik lain, seperti Protein dan Lipid/Lemak.
d.
Berperan penting dalam metabolisme tubuh.
Diserap dengan mudah oleh tubuh dalam bentuk yang paling sederhana yaitu glukosa (C6H10O6). Kadar glukosa normal dalam tubuh berkisar 70 – 100 mg/100 ml darah. Bila kadar glukosa dibawah normal disebut hipoglikemia dan bila diatas batas normal disebut hiperglikemia. Kelebihan glukosa akan disimpan dalam hepar/hati dalam bentuk glikogen

2. PROTEIN

Tersusun dari unsur-unsur C, H, O dan Nitogen (N). Beberapa protein juga mengandung Phosphor (P), dan Sulfur/belerang (S). Penyusun paling sederhana adalah asam amino yang akan mudah diserap oleh tubuh.
Fungsi protein yaitu

a. Penghasil energi

b. Perbaikan dan pemelihraan sel yang rusak dan pembangun sel.

c. Pengatur, penjaga keseimbangan asam-basa dan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah.

d. Pengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh.

e. Membantu tubuh dalam menghancurkan atau menetralkan zat asing yang masuk dalam Tubuh.

f. Penghasil substansi penting seperti hemoglobin, enzim,antibody dan hormone.

3. LIPID/LEMAK
Tersusun dari unsure C, H, O. Perbedaan dengan karbohidrat adalah kandungan
Oksigennya lebih sedikit dan jumlah Hidrogennya lebih banyak. Lipid disimpan di bawah kulit dan setiap 1 gram mengandung 9,3 kalori. Merupakan sumber energy yang terbesar bagi tubuh. Diserap oleh tubuh dalam bentuk asam lemak dan gliserol. Dapat disimpan oleh tubuh bila kelebihan lemak, dibagian bawah kulit.

Fungsi lemak yaitu :
a. Sumber energy terbesar.
b. Pelarut vitamin A, D, E dan K.
c. Pelindung organ dalam tubuh.
d. Pelindung tubuh dari suhu rendah.
e. Cadangan makanan yang disimpan di bagian bawah kulit.
f. Komponen bagian sel tertentu seperti membrane sel.
4. AIR

Merupakan komponen terbesar penyusun tubuh manusia, sekitar 60-70% dari berat badan. Setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 4 liter air atau 16 gelas ukuran sedang (250 ml). Sumber air didapatkan dari minuman, makanan, sayuran dan buah.

Fungsi air yaitu :

a. Pelarut zat makanan dalam tubuh
.
b.Pelarut zat-zat sisa metabolisme.

c. Pengangkut hasil metabolisme ke seluruh tubuh.

d. Mempertahankan suhu tubuh. Pengeluaran air dari tubuh dalam bentuk keringat dan urine. Tetapi bila pengeluarancairan terlalu berlebihan akan mengakibatkan dehidrasi yaitu keadaan kekurangan cairan dengan tanda rasa haus yang sangat
.
5. VITAMIN

Merupakan senyawa organic yang berasal dari makanan dan sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan, walaupun dalam jumlah sedikit.

Fungsi vitamin yaitu :
a. Mengaktifkan biokatalisator (enzim).
b. Pelindung dan pengatur kerja alat-alat tubuh.
c. Mempertahankan fungsi jaringan supaya normal.
d. Pertumbuhan dan pembentukan sel.
e. Membantu metabolisme tubuh.
6. MINERAL Merupakan zat kimia yang terdapat di dalam bahan makanan dan diperlukan oleh tubuh.Fungsi mineral yaitu pengatur dan pembangun metabolisme tubuh.Berdasarkan jumlahnya dibedakan menjadi :
7. SERAT MAKANAN

  1. Fungsi serat makanan yaitu merangsang aktivitas saluran pencernaan sehingga
  2. memperlancar proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.

  1. Serat makanan banyak menyerap air sehingga membuat makanan menjadi lebih lunak dan mudah dicerna.
d.      Serat makanan banyak dijumpai di sayur-sayuran seperti buncis, ercis, bayam, kangkung dan sawi. Serta buah-buahan seperti apel, papaya, jeruk, pisang, semangka. Juga terdapat di dalam kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang merah.
ORGAN PENCERNAAN MANUSIA

1.Mulut/cavum oris
Terjadi pencernaan secara mekanik, kimiawi. erdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

a.Gigi /dens

Merupakan alat pencernaan yang bertugas secara mekanikTerdapat 4 jenis gigi yaitu gigi taring (dens caninus) berfungsi untuk merobek/mencabik makanan. Gigi seri (dens inscisivus) berfungsi untuk memotong makanan. Gigi geraham depan (dens premolare) dan geraham belakang (dens molare) yang keduanya berfungsi untuk menghaluskan makanan.

b. Lidah/lingua
Merupakan organ yang terletak di dasar mulut yang kaya akan otot. Permukaannya kaya akan papilla/tonjolan lidah yang sangat banyak mengandung kuncup pengecap.

Berfungsi untuk :
Pengaduk makanan.
Membantu proses penelanan makanan.
Sebagai alat/organ pengecap.
Membantu membersihkan rongga mulut.
Membantu untuk berbicara/bercakap-cakap.Terbagi menjadi beberapa daerah rasa antara lain asin, manis, asam dan pahit.

c.Kelenjar ludah/glandula salivales

Menghasilkan air liur/air ludah/salivayang bersifat pekat dan licin. Saliva ini banyak mengandung lendir atau musin dan enzim ptyalin/amylase. Enzim ptialin memiliki pH sekitar 6,8 – 7,0 dengan suhu 37o C.

Fungsi air liur/saliva :

Mempermudah proses penelanan dan pencernaan makanan

Melindungi selaput mulut
.
Mencerna makanan secara kimiawi.

2. Farink

Merupakan organ penghubung antara rongga mulut dengan kerongkongan/oesophagus. Serta merupakan pertemuan antara tractus digestivus dengan saluran respirasi. Disebut juga sebagai pangkal esophagus.
Di bagian dalam terdapat amandel/tonsil yaitu merupakan kumpulan kelenjar limpayang banyak mengandung limfosit.

3.Oesophagus/kerongkongan
Merupakan saluran yang menghubungkan tekak dengan ventriculus dengan panjang sekitar 20 – 25 cm. Gerakan menelan makanan yang terjadi di esophagus merupakan gerakan peristaltic/peristalsis yaitu gerakan otot dinding saluran pencernaan (kaya akan otot polos) yang berupa gerakan kembang kempis atau gerak meremas-remas makanan dalam bentuk bolus.

4. Ventriculus/lambung

Merupakan organ kantung besar yang terletak di rongga perut agak ke kiri.
erbagi menjadi 3 bagian utama :

a.Cardiac merupakan bagian atas ventriculus yang berhubungan dengan esophagus dan hepar.
b. Fundus merupakan bagian tengah ventriculus yang bentuknya membulat.
c. Pylorus merupakan bagian bawah ventriculus yang berhubungan dengan intestinum tenue.

Fungsi ventriculus yaitu :
a. Menyimpan makanan dalam kurun waktu 2 – 5 jam.
b. Mengaduk makanan (dengan gerakan meremas).
c. Mencerna makanan dengan bantuan enzim.
  1. Makanan yang masuk dari oesophagus dalam bentuk yang akan dicerna dengan bantuan enzim

  1. menjadi bubur makanan/chime/kim. Kapasitas lambung orang dewasa adalah 1 liter /hari. Untuk

mempermudah penyerapan. Enzim yang dihasilkan :  

HCl/asam chlorida/asam lambung berfungsi sebagai desinfektan yaitu membunuh
kuman-kuman, mengasamkan makanan dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

b. Renin berfungsi untuk mengendapkan kasein (protein susu). Kasein akan diubah oleh
pepsin menjadi pepton.
c. Pepsinogen, akan aktif bila dalam bentuk pepsin. Pepsin berfungsi untuk mencerna protein menjadi pepton dan proteosa.
d. Lipase berfungsi untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
e. Hormone gastrin berfungsi untuk sekresi getah lambung.
f. Lendir/musin berfungsi melindungi sel-sel di permukaan lambung terhadap kerusakan akibat kerja dari HCl.

5. Intestinum tenue/usus halus

Merupakan saluran panjang sekitar 8,25 m dan dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

a.Duodenum/usus duabelas jari merupakan usus halus yang berbatasan dengan ventriculus.
Terjadi proses oemecahan lemak dan karbohidrat. Panjangnya sekitar 25 cm/0,25 m
      b. Jejunum/usus kosong merupakan usus halus yang berbatasan langsung dengan duodenum dan ileum. Disini tidak terjadi proses penyerapan dan pencernaaan makanan. Panjangnya sekitar 7 m. c.Ileum/usus penyerapan merupakan usus halus yang berbatasan dengan jejunum dan intestinum crassum. Disinilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Panjangnya sekitar 1 m.
Terjadi proses pencernaan secara kimiawi. Memiliki struktur yang berlekuk yang disebut dengan vili atau jonjot usus. Vili berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan sari-sari makanan. Di dalam vili terdapat pembuluh darah yang berfungsi untuk mengangkut glukosa, asam amino, vitamin dan mineral ke seluruh tubuh. Selain itu juga terdapat pembuluh kil/pembuluh limfe/pembuluh getah bening yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak dan gliserol menuju vena cava bawah tulang selangka.

Dalam duodenum memiliki dua saluran yaitu saluran empedu dan saluran pancreas yang
banyak mengandung enzim.
Dinding usus halus menghasilkan getah usus halus yang bersifat basa dan dihasilkan setiaphari sebanyak 3 liter. Enzim tersebut yaitu :

a. Enterokinase yaitu berfungsi untuk mengubah enzim tripsonogen menjadi tripsin dan erepsinogen menjadi erepsin.

b. Erepsin yaitu berfungsi untuk mengubah pepton menjadi asam amino.

c.Disakarase yaitu berfungsi untuk mengubah disakarida menjadi monosakarida. Macamnya
sukrase berfungsi untuk mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Maltase berfungsi mengubah maltosa menjadi glukosa dan glukosa. Lactase berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa.
d.Lipase usus berfungsi untuk memecahkan lemak menjadi asam lemak dan gliserin/glisero

6. Kelenjar Pankreas

  1. Terletak dekat ventriculus (rongga perut sebelah kiri) yaitu diantara duodenum dan limpa.

  1. Dengan apanjang sekitar 15 cm dan lebar 5 cm.

  1. Kelenjar pancreas menghasilkan hormone insulin yang berfungsi untuk mengatur


  1. (menurunkan) kadar gula dalam darah.

  1. Berfungsi untuk menghasilkan getah pancreas yang banyak mengandung enzim. Enzim tersebut yaitu :

  1. .Amylopsin/amylase pancreas berfungsi untuk mengubah amilum menjadi
      maltose.
  1. b.Steapsin/lipase pancreas berfungsi untuk mengubah lipid menjadi asam lemak dan gliserol.

  1. Tripsinogen dengan bantuan enterokinase akan diubah menjadi tripsin. Tripsin berfungsi untuk memecahkan pepton menjadi asam amino.

  1. dKarbohidrase pancreas berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida. Disakarida yang penting adalah maltase, sukrase, lactase.

  1. .Garam NaHCO3 dan bersifat basa yang berfungsi untuk menetralkan keasamaan kim/chyme yang keluar dari ventriculus.

7. Hepar/hati

Merupakan kelenjar pencernaan yang terbesar dalam tubuh dengan berat sekitar 2 kg dan berwarna kemerahan. Terletak di dalam rongga perut sebelah kanan, di bawak sekat rongga dada. Menghasilkan cairan empedu (bilus) yang ditampung dalam kantung empedu (vesica
felea). Setiap hari vesica felea menghasilkan 0,5 liter cairan empedu..

Empedu menghasilkan

a. Menghasilkan zat warna empedu (bilirubin an biliverdin).
b. Menghasilkan garam empedu.

Empedu berfungsi :

a. Untuk mengemulsikan/memecahkan lemak.

b. Membunuh kuman-kuman dalam saluran pencernaan bagian atas.

Hepar berfungsi :

a. Menghasilkan cairan empedu.

b. Menawarkan racun.

c. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen (gula otot).

d. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A.

e.Menjaga keseimbangan zat makanan dalam darah..

8. Intestinum crassum/usus besar
Merupakan saluran panjang dengan permukaan dinding yang mengalami penyempitandan penonjolan serta merupakan terusan dari usus halus.
Dibedakan menjadi 3 bagian besar yaitu :

a.Caecum/sekum merupakan pertemuan antara usus halus dan usus besar. Pada bagianujung sekum terdapat tonjolan kecil yang disebut umbai cacing/appendiks

b. Colon/kolon/usus tebal merupakan bagian yang lebih tebal dan menyempit dengan banyak tonjolan pada bagian pemukaannya. Terbagi menjadi 3 bagian/daerah yaitu :

Intestinum pars ascendens/bagian yang naik.

Bagian mendatar.

Intestinum pars descendens/bagian yang menurun.




c. Rectum/rectum/poros usus merupakan bagian terakhir dari usus besar.

Proses yang terjadi di Colon adalah adanya pencernaan secara biologis dengan bantuanbakteri Escherichia coli yang bertugas untuk membusukkan makanan, membentuk vitamin K dan menghambat pertumbuhan bakteri yang bersifat pathogen. Sisa makanan yang telah dibusukkan akan dibentuk menajdi feces dan akan masuk dalam rectum. Proses yang terjadi di rectum adalah pergerakan feces secara peristaltic yangdikendalikan oleh otot polos dan akhirnya akan menuju anus (lubang pelepasan akhir). Proses perjalanan makanan untuk sampai di usus besar membutuhkan waktu sekitar 4-5
jam. Usus besar dapat menyimpan makanan dalam kurun waktu 24 jam.

9. Anus/lubang pelepasan
Merupakan lubang pada ujung saluran pencernaan.
Terjadi proses perjalanan terakhir dari feces yang telah dibentuk di colon.
Proses pengeluaran feces melalui anus disebut Defekasi.
Gambar : Sistem Pencernaan Pada Manusia























BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sistem pencernaan pada manusia adalah merupakan proses perubahan atau pemecahan zat makanan dari molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan. Zat makanan yang dicerna akan diserap dalam bentuk yang lebih sederhana.
Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam tubuh dibantu dengan enzyme untuk mempercepat proses. Enzyme ini dihasilkan oleh organ–organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Bahan makanan yang akan dikonsumsi berupa karbohidrat, protein, lemak, air dan vitamin. Selanjutnya Organ-organ pencernaan yaitu terdiri dari mulut, kerongkongan, esophagus, lambung, usus halus, usus besar dan anus.





DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. 2003. Kamus Lengkap Kedokteran Edisi Revisi. Gitamedia Press-Surabaya.
Furqonita, D. 2007. Seri PIA BIOLOGI SMP Kelas VIII. Penerbit Quadra dari Yudhistira-Jakarta.
Kadaryanto et al. 2006. BIOLOGI 2, Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan, SMP Kelas VIII. Penerbit
Yudhistira-Jakarta.
Lawrence, E. 1991. Henderson’s Dictionary of : Biological Terms Tenth Edition. Longman Scientific &
Technical. Longman Group UK Limited-England.
Lestari, S. Omegawati, W.H. dan Kusumawati, R. 2007. IPA BIOLOGI Eksplorasi Kelas VII untuk SMP
dan MTs. Penerbit Intan Pariwara-Klaten
Prawirohartono, S. dan Hadisumarto, S. 1999. Sains BIOLOGI-2b Untuk Kelas 2 Tengah Tahun Kedua
Sesuai Kurikulu, 1994. Penerbit Bumi Aksara-Jakarta.
Purwanto, B. dan Nugroho, A. 2007. Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya 2. Penerbit Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri-Solo.
Saktiyono. 2004. Sains BIOLOGI SMP Untuk Kelas VIII. Penerbit Esis dari Penerbit Erlangga-Jakarta.
Tim IPA SMP/MTs. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. PT. Galaxy Puspa
Mega-Bekasi.
Tim BIOLOGI SMU. 1997. Pegangan Belajar BIOLOGI 2 Untuk SMU 2, Caturwulan 1, 2 dan 3,
Berdasarkan Kurikulum 1994. PT. Galaxy Mega Puspa-Bekas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TV OnLine

Live TV (Mivo TV-RCTI-TRANS TV-SCTV-GLOBAL TV):

 
2009 DARK ANGEL All Rights Reserved.
blogger theme designed by blogger templates